Berbagai Jenis Olahraga Yang Paling Populer di Jepang I

Berbagai Jenis Olahraga Yang Paling Populer di Jepang I – Olahraga sudah selalu menjadi salah satu bagian yang besar dari budaya Jepang dengan olahraga tradisional seperti judo dan sumo masih sangat populer. Akan tetapi, juga olahraga impor seperti baseball dan sepak bola disukai oleh banyak orang Jepang.

Orang Jepang sering kali merupakan penggemar berat olahraga dan mereka diperkenalkan dengan olahraga sejak usia sangat muda di sekolah dasar. Kebanyakan orang menikmati berpartisipasi dan menonton olahraga yang berbeda setiap hari. Saat Anda berjalan-jalan di taman atau mengunjungi tepi sungai terutama di akhir pekan, Anda akan dikejutkan oleh banyaknya orang yang terlibat dalam semua jenis olahraga. Mulai dari lari dan yoga hingga baseball dan tenis, banyak orang menikmati menonton olahraga di waktu senggang mereka.

Olahraga tradisional seperti sumo dan judo sangat populer, tiket untuk Turnamen Grand Sumo terjual habis dalam waktu satu jam. Permainan baseball sering menarik banyak orang, bersorak untuk tim mereka. Selain itu, sebagai tuan rumah Olimpiade 2020, beberapa olahraga lain semakin populer.

Mempelajari tren dan budaya olahraga di Jepang membantu Anda berbagi momen seru dengan penduduk setempat di pertandingan seru. Berikut ini adalah daftar olahraga populer di Jepang dan bagaimana Anda dapat menikmatinya juga.

1. Baseball

Berbagai Jenis Olahraga Yang Paling Populer di Jepang I

Baseball tidak diragukan lagi adalah salah satu olahraga paling populer di Jepang. Ini pertama kali diperkenalkan ke Jepang oleh Horace Wilson dari Amerika, yang datang ke Jepang sebagai profesor yang bekerja di Universitas Tokyo pada tahun 1871. Dia mengajari para siswa cara bermain baseball dengan bola dan pemukul yang dia bawa bersamanya dan penduduk baseball. mulai meningkat pesat secara nasional.

Saat ini, ada 12 tim baseball profesional di Jepang, dan mereka bermain melalui perlombaan panji dari akhir Maret hingga awal musim gugur. Liga nasional Nippon Professional Baseball League dibagi menjadi dua liga terpisah di mana 6 tim bersaing satu sama lain untuk memenangkan kejuaraan nasional tahunan.

Selain liga profesional, orang Jepang juga senang menonton kejuaraan baseball sekolah menengah nasional yang diadakan setiap musim panas. Disebut Koshien, yang berasal dari nama stadion tempat kejuaraan berlangsung, di dekat Kobe. Tim kuat, yang mewakili setiap prefektur, berkumpul untuk memenangkan kejuaraan nasional.

Tempat terbaik untuk merasakan antusiasme adalah langsung di stadion, tetapi bahkan ditayangkan di TV di rumah. Tiket pertandingan baseball bervariasi antara stadion dan preferensi tempat duduk, tetapi umumnya berharga antara 3.000 dan 10.000 dan dapat dibeli pada hari pertandingan di stadion. Beberapa game populer akan segera terjual habis, jadi sebaiknya Anda merencanakannya terlebih dahulu.

2. Sumo

Sumo dikenal sebagai olahraga nasional di Jepang dan merupakan salah satu olahraga paling populer yang terkait dengan Jepang di seluruh dunia. Meskipun jumlah orang yang menikmati menonton sumo telah menurun dalam beberapa tahun terakhir, itu masih tetap sangat populer, terutama di kalangan generasi yang lebih tua. Baik wisatawan lokal maupun internasional suka menonton pertunjukan profesional pegulat sumo dan tiket ke turnamen terjual habis dengan cepat.

Asal usul sumo dikatakan sekitar 1.500 tahun yang lalu, ketika itu awalnya dilakukan sebagai ritual untuk memprediksi hasil panen untuk tahun tersebut. Ini kemudian berkembang sebagai upacara suci oleh bangsawan dan bangsawan di istana kekaisaran, dan menjadi populer di kalangan orang-orang selama Periode Edo dari abad ke-17.

Gulat gaya Jepang berlangsung di dohyo, lapangan bermain melingkar, dari mana dua pegulat sumo, rishiki, mencoba mendorong lawan keluar dari ring atau memaksa mereka menyentuh tanah. Ketika salah satunya terjadi, pegulat sumo ini resmi kalah dalam pertandingan. Turnamen Sumo Grand diadakan 6 kali sepanjang tahun, pada bulan-bulan bernomor ganjil.

Sebagian besar turnamen berlangsung di Ryogoku Kokugikan, stadion utama untuk pertandingan sumo profesional yang berlokasi di Tokyo. Jika Anda tidak memiliki kesempatan untuk pergi ke turnamen, tetapi ingin melihat beberapa aksi gulat, Anda juga dapat mengunjungi istal sumo (terutama di Tokyo), dan menonton latihan dari dekat.

3. Hakone Ekiden

Berbagai Jenis Olahraga Yang Paling Populer di Jepang I

Ekiden adalah olahraga tradisional Jepang dengan sejarah sekitar 100 tahun. Ini adalah lari estafet jarak jauh yang mirip dengan maraton. Apa yang membuatnya berbeda dari maraton adalah bahwa para pelari tidak bersaing satu sama lain secara individu, tetapi sebagai tim untuk menyelesaikan jarak.

Jarak dan jumlah pelari dapat bervariasi sesuai dengan kompetisi. Setiap pelari berlari kira-kira 5 sampai 20 km, dan mereka melanjutkan estafet dengan melewati “Tasuki” (“selempang” dalam bahasa Jepang”) ke pelari berikutnya.

Ekiden sangat populer di Jepang dan balapan berlangsung di seluruh negeri dengan yang paling terkenal adalah Hakone Ekiden. Kompetisi besar tahunan ini diadakan setiap tahun pada tanggal 2 dan 3 Januari dan diakui sebagai acara nasional. Sebanyak 21 perguruan tinggi di wilayah Kanto ikut serta dalam kompetisi bergengsi tersebut. Perlombaan dimulai dari Tokyo, dan menempuh jarak sekitar 107,5 km hingga mencapai Hakone di prefektur Kanagawa pada hari pertama.

Relay berlanjut hingga peserta kembali ke Tokyo sepanjang 109,6 km rute pulang pergi pada hari kedua. Seluruh rute dibagi menjadi 10 bagian, yang masing-masing dijalankan oleh pelari yang berbeda. Ini adalah acara olahraga ikonik yang dapat Anda nikmati di TV selama Liburan Tahun Baru.

4. Soccer

Sepak bola, seperti banyak negara lain, adalah salah satu olahraga paling populer di negara ini. Orang-orang dari segala usia dan kedua jenis kelamin bermain sepak bola dan futsal. Tim nasional putra dikenal sebagai Samurai Biru sesuai dengan warna seragam mereka, dan tim nasional putri dijuluki Nadeshiko Jepang, yang diambil dari bunga yang melambangkan citra ideal wanita Jepang.

Sebagian besar SMP dan SMA memiliki klub sepak bola, dan pertandingan serta turnamen diadakan di mana-mana sepanjang tahun. J. League adalah liga sepak bola profesional yang didirikan pada tahun 1991. Pada tahun 2020, 56 tim secara resmi berada di tiga level liga: J1, J2 dan J3 dan musim berlangsung biasanya dari Maret hingga Desember. Hanya tiga tim yang menyelesaikan musim dengan hasil terbaik yang berhak bersaing di Liga Champions AFC, yang diadakan setiap tahun untuk menentukan tim sepak bola terbaik di kawasan Asia. Anda dapat menonton pertandingan J1 di TV langsung atau mendapatkan tiket (online) di situs web resmi J. League atau pada hari pertandingan di stadion. Harga tiketnya antara 2.000 hingga 7.000.

Enrique Meyer

Back to top